Menghindari Kecelakaan Ponsel

Menghindari Kecelakaan Ponsel

Menghindari Kecelakaan Ponsel Kejadian meledaknya alat telekomunikasi bukanlah peristiwa pertama yang terjadi pada pemakai ponsel. Pertangahan tahun 2007 silam seorang pekerja pengelasan di China meninggal gara-gara ponsel yang diletakkan di saku kemejanya meledak dan menyebabkan tulang rusuknya yang patah menusuk jantung. Di tahun yang sama perusahan seluler terbesar Nokia menarik kembali baterai tipe BL-5C sebab baterai tersebut memicu terjadinya overheating yang dapat menimbulkan ledakan.

Masalahnya meledaknya ponsel ternyata bukan cuma legenda, dua kejadian tersebut di atas telah terjadi bukti nyata. Benarkah ponsel bisa meledak??

Sayang sekali jawabannya ternyata Ya. Alasan yang paling masuk akal adalah terjadinya arus pendek pada baterai ponsel yang terbuat dari bahan kimia yang dapat memicu terjadinya reaksi kimia kemudian menhasilkan energi panas.

Beberapa kiat untuk mencegah terjadinya kecalakaan tersebut yakni:

Gunakan baterai orisinil

Baterai orisinil telah melalui tahap pengujian kualitas yang ketat sehingga produk yang dijual mempunyai kualitas yang lebih terpercaya. Jadi jangn sesekali menggunakan baterai ponsel palsu.

Tidak memperbaiki baterai rusak

Ketika daya dan umur ponsel mulai melemah drastis lebih baik diganti dengan baterai yang baru. Jangan coba-coba memperbaiki baterai yang rusak, ini bisa membuat susunan rangkaian unsur pembentuk ponsel menjadi berantakan yang akhirnya akan menyebabkan fungsi ponsel tidak bekerja dengan baik.

Tidak membeli baterai bekas

Jika baterai yang dibeli baru saja bisa meledak, apalagi yang bekas. Kita tidak bisa tahu pemakaian barang bekas oleh pemilik sebelumnya kan? Jika baterai sudah pernah dimodifikasi kan bisa repot.

Matikan ponsel jika terasa panas

Jika badan ponsel terasa mengeluarkan panas berlebihan segeralah matikan ponsel, ada kemungkinan ini sebagai akibat overheating yang terjadi pada baterai.

Kembalikan ponsel bermasalah

Jika ponsel yang Anda beli mengeluarkan panas yang berlebihan segera hubungi situa agen sbobet pihak vendor untuk minta diganti dengan ponsel baru.

Tidak me-charge pada waktu yang lama

Ketika ponsel menandakan “Battery is Full Charge”, segeralah untuk mencabut charger. Baterai ponsel yang sudah mencapai posisi ter-charge dapat menyebabkan overheating.

Tidak menggunakan ponsel saat diisi

Ketika ponsel dicharge akan terjadi perubahan energi listrik menjadi energi kimia dan juga terjadi arus masuk dan keluar secara bergantian. Apabila ponsel yang sedang diisi kita pakai untuk menelepon, maka akan menambah beban pada proses kimia tersebut.

Gunakan sarung ponsel

Dengan menggunakan sarung ponsel setidaknya jika terjadi ledakan resiko kecelakaan bias diminimalis. Saat ini kita bisa mendapatkan sarung untuk ponsel dengan mudah, toko aksesoris ponsel dapat ditemui di setiap pusat pertokoan ponsel.

Jangan letakkan ponsel di bagian rawan

Daerah rawan maksudnya bagian tubuh yang memiliki resiko kecelakaan fatal seperti dada yang berdekatan dengan jantung, jadi jangan dibiasakan meletakkan ponsel pada saku kemeja.

Mengikuti perkembangan berita teknologi

Biasakanlah untuk selalu mengikuti perkembangan berita teknologi, biasanya jika terjadi masalah pada suatu produk tak terkecuali ponsel jika terjadi masalah pihak vendor akan mengumumkannya dengan segera. Selanjutnya kita bisa menggantikannya sesuai prosedur yang ditetapkan vendor terkait.

Jangan Panik Jika Ponsel Terkena Air

Ponsel sudah sangat lekat dengan kita, ngintil kemana pun kita pergi. Tak terkecuali di Tempat-tempat basah maupun “basah”.

Maka jangan heran jika ponsel tersebut kadang ikut berbasah-ria karena air. Karena beragamnya aktifitas, ponsel bahkan sering dibawa ke kamar mandi atau bahkan di toilet. Apalagi banyak orang menyimpan ponselnya di saku baju atau saku celana. Jangan panik, tapi jangan pula meremehkan, karena akibatnya bias fatal.

Pertolongan Pertama.

Pada dasarnya semua barang dengan aliran listrik tentu sama sifatnya. Jadi langkah pertama yang mesti dilakukan adalah jangan memberi arus listrik jika ponsel terkena air. Begitu ponsel Anda terkena air, maka segera cabut baterai dari ponsel. Jangan sekali-kali mencoba atau penasaran untuk menghidupkan ponsel tersebut. Konslet bo’..!!!

Jika beruntung, Anda bisa mencoba mengeringkannya sendiri di rumah. Bisa dengan menggunakan kipas angin biasa ataupun hair dryer (pengering rambut). Namun, perlu diketahui bahwa ada tempat-tempat tertentu dibawah IC yang sulit dikeringkan atau dibersihkan dengan cara tersebut, sehingga sulit menjadi kering seperti semula.

Bagian tersembunyi ini bisa menjadi masalah yang disebut korosi. Korosi terjadi jika terlalu lama ponsel terkena air tidak dikeringkan atau dibersihkan.

Menulusuri Kerusakan

Begitu korsleting, maka harus diketahui dulu bagian mana yang terkena. Jika korslet terjadi di bagian CPU, maka IC itu yang rusak. Tapi belum tentu pula hanya IC CPU tersebut yang rusak. Sebab, jika IC CPU korslet padahal tegangannya diberikan oleh IC power, maka beban yang harus ditanggung IC power menjadi berlipat ganda. Jika IC power tidak kuat menanggung bebannya, maka IC power tersebut ikut menjadi rusak.

Tapi jika IC power mempunyai ketahanan yang baik, maka IC CPU yang menerima tegangan yang berlebih tersebut akan jebol dan rusak.

Mengenai biaya perbaikan, tentu tergantung dari spare part yang diganti. Spare part sendiri juga memiliki kualitas yang bermacam-macam, mulai kelas pertama yang asli dari vendor, sampai kelas kedua dan seterusnya. Namun jangan salah, harganya tidak bisa dijadikan patokan. Karena banyak pula yang berjualan spare part kelas tiga, tapi harganya sama dengan kelas satu atau dua.

Langkah terbaik tentu saja memakai spare part asli atau komponen dari vendor. Namun tentu saja vendor tidak menyediakannya untuk servis umum, selain tempat servis resmi mereka. Karena kesulitan itu, Anda tentu sering mendengar istilah kanibal komponen. Artinya memakai komponen asli dari ponsel yang sudah tidak dipakai. Meskipun sebuah ponsel sudah tidak berfungsi, belum tentu semua komponennya rusak. Biasanya masih ada beberapa komponen yang bisa diambil, dan dipasang pada ponsel yang akan diservis. Cara ini sering dipakai dengan hasil yang cukup memuaskan.

Hati-hati jika komponen yang dipasang mutunya kurang, seringkali akan merembet dan membuat kerusakan komponen yang lain.

Sumber Komponen.

Bagaimana jika tidak bisa mendapatkan komponen yang dikanibal dari ponsel lain??

Para pengusaha servis ponsel umumnya mengajukan permohonan menjadi tempat servis resmi dari vendor. Selain itu mereka menjalin hubungan baik yang erat dengan pemasok komponen. Karena saling percaya, Anda tentu akan mendapatkan komponen dengan mutu terbaik dipasaran.

Cara-cara personal tersebut lebih menjamin kepastian, daripada mencoba membandingkan kualitas antara beberapa komponen. Sulit menentukan kualitas sebuah komponen, karena secara fisik dan spesifikasi sangatlah persis dengan yang asli.